Macam-macam dan Fungsi RNA

Macam-macam dan Fungsi RNA - Berdasarkan tempat terdapat dan fungsinya, RNA dibedakan menjadi mRNA (messenger RNA), rRNA (ribosomal RNA), dan tRNA (transfer RNA). 

1) mRNA (messenger RNA) 

mRNA disebut juga RNA duta (dRNA) atau RNA kurir. Menurut Francois Jacob dan Monod (1961), setelah RNA dibentuk oleh DNA di dalam inti, mRNA membawa cetakan-cetakan ke sitoplasma dan bergerak di atas ribosom. RNA m menempatkan kode genetik berupa 3 urutan basa nitrogen kodon-kodonnya berturut-turut di ribosom untuk menyusun asam amino. mRNA ini dibentuk pada saat sel hendak melakukan sintesis protein. Macam mRNA yang dibentuk oleh DNA tergantung jenis protein yang akan disusun. Oleh karena itu, mRNA ini dapat ditemukan di dalam inti sel dan di sitoplasma. RNA m merupakan molekul untaian tungal. mRNA ini membawa informasi genetik dari DNA ke ribosom. 

2) rRNA (ribosomal RNA) 

rRNA dibentuk dari prekusor yang disebut RNA pra ribosom, mempunyai berat molekul sekitar 2 juta, dan merupakan molekul paling besar dibandingkan mRNA dan tRNA. RNA ribosom mengandung 50 – 2.000 asam amino. Bersama-sama dengan protein, RNA ini akan membentuk struktur ribosom yang mengatur proses translasi. 

3) tRNA (transfer RNA) 

tRNA disebut RNA pemindah dan merupakan RNA yang terpendek. Fungsi tRNA adalah menerjemahkan kode-kode (kodon) yang dibawa oleh mRNA. Hasil terjemahan ini berupa deretan basa nitrogen yang sesuai dengan kodon yang ada pada dRNA atau mRNA. tRNA membawa pasangan kodon pada mRNA , sehingga disebut antikodon (Gambar 1.1). tRNA juga membawa asam amino yang sesuai dengan kodon- kodon dRNA atau mRNA.

Bagian-bagian-t-RNA
Gambar 1.1. Bagian-bagian tRNA

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home