Alat-Alat Ekskresi pada Manusia


Macam-macam Alat-Alat Ekskresi pada Manusia - Mengeluarkan air seni, berkeringat, dan mengembuskan napas merupakan cara-cara tubuh untuk melakukan ekskresi. Zat-zat sisa hasil metabolisme ini dikeluarkan dalam bentuk urine, keringat, dan karbondioksida. Zat-zat sisa ini diekskresikan di antaranya melalui organ ginjal, kulit, dan paru-paru. Perhatikan Gambar 1. Anda tentu pernah mengenal alat-alat ekskresi tersebut. Tugas kelompok berikut ini akan mengingatkan Anda tentang organ-organ ekskresi pada tubuh manusia. Manusia memiliki berbagai macam alat ekskresi dalam tubuhnya. Alat-alat ekskresi tersebut adalah ginjal (ren), paru-paru (pulmo), hati (hepar), dan kulit (integumen). Alat-alat tersebut sekaligus berfungsi untuk menjaga stabilitas suhu tubuh atau homeostatis. Nah, berikutnya, mari kita simak dan pahami berbagai organ sistem ekskresi tersebut pada bahasan berikut. (Baca juga : Sistem Ekskresi Pada Manusia)
Alat ekskresi pada manusia
Gambar 1. Alat-alat ekskresi pada manusia
a. Ginjal

b. Kulit

c. Hati (hepar)

d. Paru-Paru

Paru-paru selain berperan sebagai organ pernapasan juga berperan sebagai organ ekskresi. Hal ini karena gas CO2 dan uap air (H2O) hasil proses metabolisme diangkut darah dari jaringan tubuh menuju paru-paru dan selanjutnya dikeluarkan dari tubuh pada waktu ekspirasi. CO2 sekitar 75% dari jaringan tubuh diangkut plasma darah dalam bentuk ion HCO3 (asam bikarbonat) dan sisanya sekitar 25% diikat oleh hemoglobin (Hb) membentuk senyawa HbCO2 (karboksihemoglobin).

Coba Anda ingat kembali materi paru-paru pada bab Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan.

Anda sekarang sudah mengetahui Alat Ekskresi Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.



Pengunjung dapat menyalin materi di blog ini menggunakan Browser Google Chrome. Google Chrome
Bacalah terlebih dahulu Panduan Pengunjung jika anda ingin menggunakan materi dari blog ini.
DMCA.com
Judul : Alat-Alat Ekskresi pada Manusia

Rating : 9 out of 10 based on 666 ratings. 9 user reviews.

Reviewer : Puri Maulana

Masukkan Kata Kunci




Artikel Terkait :

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.