Ciri-ciri, Jenis dan Macam Alpukat


Ciri-ciri, Jenis dan Macam Alpukat - Daging buahnya yang berwarna kehijauan dan bijinya yang besar merupakan ciri khas dari buah ini. Selain itu, Tekstur daging buahnya yang lembut telah membuat buah ini banyak digemari. Selain enak dibuat jus, buah ini juga dapat digunakan untuk campuran es krim, salad, topping sushi atau sup. Rasanya yang lembut sedikit manis membuatnya semakin lezat!

Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tinggi pohonnya dapat mencapai 20 meter dan panjang daunnya sekitar 12-25 cm. Kulit buah ini lembut dan berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan.

Buah ini dikenal dapat menyebabkan obesitas karena memiliki kandungan energi yang tinggi yaitu sekitar 85 kkal, 0,9 g protein, 6,5 g lemak, dan 7,7 g karbohidrat per buahnya. Buah ini juga kaya asam folat dan kalium yang berfungsi untuk membantu mengatur tekanan darah dan lemak darah.

Penelitian terbaru yang dilakukan lembaga medis terkemuka mengungkapkan bahwa alpukat juga mengandung fitonutrien yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.

Buah alpukat ini ternyata memiliki tiga jenis varietas, dengan rasa dan tekstur yang berbeda.
ciri-ciri, macam, jenis alpukat
Jenis-jenis alpukat (Foto: toptropicals.com)
Berikut tiga jenis buah alpukat yang perlu dikenali.

1. Alpukat Mexicana

Jenis yang satu ini memiliki ukuran yang kecil dan ketika telah matang maka kulitnya berwarna cokelat keunguang. Buah yang berkualitas tinggi ini harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Setiap setahun, buah ini dapat dipanen sebanyak 2 kali. Bentuk buah Alpukat Mexicana mirip buah pear dimana warna daging sedikit kecoklatan dan mudah mengelupas.

2. Alpukat Guatemalan

Guatemala adalah jenis alpukat yang paling terkenal dan terpopuler di Amerika Serikat khususnya California. Kulit buahnya bervariasi ada warna hijau, hitam dan ungu. Daging buahnya memiliki tekstur yang lebut seperti mentega dan rasa yang pekat. Alpukat Guatemalan mengandung banyak minyak.

Buah ini tersedia sepanjang tahun di Amerika. Kulit buah ini berubah menjadi berwarna hitam keunguan padasaat matang. Buahnya berbentuk bulat lonjong seperti telur dan tekstur dagingnya lembut. Ketika panen saat musim panas, ukuran buahnya menjadi semakin besar dan rasanya seperti mentega.

3. Alpukat West India

Alpukat West India memiliki ukuran buah yang lebih lebar dan kulitnya hijau mengkilap. Alpukat jenis ini memiliki rasa sedikit manis sebab mengandung lebih banyak air. Varietas yang satu ini menjadi alpukat terbaik dan terpopuler di Florida dan India bagian Barat saat musim panas meskipun memiliki ukuran buah yang lebih kecil dibandingkan varietas.

Sumber : detikFood (Senin, 30/04/2012 13:19 WIB)

Anda sekarang sudah mengetahui Ciri-ciri Alpukat, Jenis dan Macam Alpukat. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home