Contoh Jenis Virus yang Menyerang / Merugikan bagi Manusia

Leave a Comment
Contoh Jenis / Macam-macam Virus yang Merugikan / Berbahaya bagi Manusia - Berikut ini adalah beberapa contoh virus yang merugikan manusia : (Baca juga : Peranan Virus)

1). HIV (Human Immunodeficiency Virus)

Virus ini menyerang sel-sel darah putih limfosit T dan menyebabkan penyakit AIDS  (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Orang yang menderita AIDS akan menurun sistem kekebalan tubuhnya sehingga akan mengalami gejala dari beberapa jenis penyakit

2). Virus ebola (ebola virus)

Virus ebola mengakibatkan penyakit ebola, penyakit ini sangat mematikan. Hampir serupa dengan HIV virus ini juga menyerang sel-sel pertahanan tubuh orang yang terinfeksi. Gejala yang dialami oleh penderita adalah demam disertai dengan pendarahan.

3). Virus hepatitis (Hepatitis virus)

Virus hepatitis menyebabkan terjadinya penyakit hepatitis B pada orang yang terinfeksi. Virus ini menyerang sel-sel liver (hati), sehingga penderita akan mengalami perut yang membesar dan tubuhnya berwarna kuning.

4). Measles virus

Virus ini mengakibatkan penyakit cacar. Virus measles menyerang sel-sel kulit penderita dan menimbulkan gejala-gejala awal seperti pilek dan demam. Kemudian setelah itu akan muncul benjolan-benjolan cacar pada kulit, dimulai dari wajah hingga tersebar merata ke seluruh tubuh.

5). Herpes Simplex virus

Virus herpes mengakibatkan timbulnya penyakit herpes. Virus ini menyerang bagian selaput mukus (lendir) pada mulut, kulit dan alat kelamin. Orang yang terinfeksi virus herpes akan mengalami gejala berupa kulit yang memerah dan muncul bintil-bintil seperti melepuh.

6). Human Papilomavirus

Virus ini menyerang sel-sel kulit si penderita dan mengakibatkan penyakit kutil. Selain itu dalam tingkat yang parah, virus ini dapat menyebabkan kanker. Orang yang terinfeksi kulit ini akan menderita gejala berupa munculnya benjolan-benjoloan pada kulit.

7). Adeno virus

Virus ini menyerang sistem respirasi serta menyebabkan tumor rahim pada wanita. Gejalanya adalah berupa perut sakit seperti pada saat menstruasi dan munculnya benjolan di dalam rahim.

8). Mumps virus

Virus ini menyerang kelenjar parotis dan menyebabkan penyakit gondong atau parotitis. Kelenjar parotis yang terserang virus ini akan mengalami peradangan sehingga rahang akan mengalami pembengkakan.

9). Orthomycovirus

Orthomycovirus adalah virus penyebab influenza. Penderita akan mengalami demam yang tinggi, pilek, sesak nafas, pusing, batuk dan nafsu makan berkurang.

10). Rabiez virus (Virus rabies)

Virus ini menyerang sistem saraf baik pada hewan ataupun manusia. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut penyakit anjing gila. Penyakit anjing gila dapat menular pada manusia melalui gigitan hewan kucing, anjing, kera yang mengidap rabies. Orang yang pertama kali menemukan vaksin rabies adalah Louis Pasteur.

11). Poliomyelitis (Virus polio)

Virus polio menyerang sistem saraf, terutama yang berhubungan dengan alat gerak pada balita. Virus ini dapat mengakibatkan kelumpuhan pada anggota gerak bagian bawah (kaki). Pencegahan dari virus ini adalah dengan memberikan suntikan vaksin polio pada balita. Orang yang pertama kali menemukan vaksin tersebut adalah Jonas Salk.

Anda sekarang sudah mengetahui Virus yang Merugikan Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.