Monday, December 24, 2012

Contoh Jenis Virus yang Menyerang Tumbuhan

Contoh Jenis Virus yang Menyerang / Merugikan Tumbuhan - Berikut ini beberapa contoh dan sedikit penjelasan mengenai beberapa virus yang menyerang dan merugikan tanaman.  (Baca juga : Peranan Virus)

1) Virus Mosaik Tembakau (Tobacco Mosaic Virus, TMV)
 
Virus ini mengakibatkan penyakit yang disebut dengan penyakit mosaic pada tembakau. Gejala yang ditimbulkan oleh serangan virus ini adalah terdapat bercak-bercak yang berwarna kuning pada bagian daun tembakau. Hal ini mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan daun tembakau sehingga berakibat pada menurunnya produksi daun tembakau.
 
2) Virus Tungro
 
Virus Tungro menyerang tanaman padi pada bagian akar dan batang. Akibat yang ditimbulkan hampir serupa dengan TMV virus, yaitu terhambatnya pertumbuhan tanaman padi yang berimbas pada penurunan hasil produksi. Virus ini dbawa dan ditularkan melalui serangga yang biasa menyerang tanaman padi, yaitu wereng coklat dan wereng hijau.
 
3) Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)
 
Virus CPVD mengakibatkan timbulnya penyakit degenerasi (penyakit tumor) pada bagian batang dan daun tanaman jeruk. Virus ini menyerang bagian pembuluh angkut yang terletak di dalam floem tanaman jeruk.

Anda sekarang sudah mengetahui Virus yang Menyerang Tumbuhan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.

Search