Tuesday, December 25, 2012

Jamur yang Menguntungkan bagi Manusia

Jamur yang Menguntungkan bagi Manusia - Jamur juga berperan sangat penting dalam fermentasi makanan dan obat-obatan. Sebagai contoh, pada Divisi Zygomycotina, sedikitnya ada 2 jenis Rhizopus yang digunakan secara komersial dalam industri pil kontrasepsi dan anestesi, yaitu R. arrhizus dan R. nigricans. Beberapa jenis lain juga dimanfaatkan dalam industri alkohol dan untuk mengempukkan daging. Ada pula jenis lain yang mampu memproduksi pigmen kuning yang digunakan untuk memberi warna pada margarin. Beberapa jenis jamur dan peranannya yang menguntungkan bagi manusia dapat dilihat pada Tabel 1. (Baca juga : Peranan Fungi)

Table 1. Jenis-jenis Fungi dan Manfaatnya

Jenis jamur
Manfaat
Rhizopus stolonifera
Untuk membuat tempe
Rhizophus nigricans
Menghasilkan asam fumarat
Untuk membuat tape, roti, minuman sake, dan bir
Aspergillus oryzae
Mengempukkan adonan roti
Aspergillus wentii
Untuk membuat sake, kecap, tauco, asam sitrat, asam oksalat, dan asam formiat
Aspergillus niger
Untuk menghilangkan O2 dari sari buah, dan menjernihkan sari buah
Penicillium notatum dan P. chrysogenum
Menghasilkan penicillin (antibiotik)
Ganoderma lucidum
Bahan obat
Penicillium roquefortii dan P. camemberti
Meningkatkan kualitas (aroma) keju
Trichoderma sp.
Menghasilkan enzim selulase
Neurospora crassa (jamur oncom)
Untuk membuat oncom
Volvariella volvaceae (jamur merang),
Auri cularia polytricha (jamur kuping), dan
Pleurotus sp.(jamur tiram)
Jamur konsumsi


Beberapa jenis jamur ada yang dapat dikonsumsi seperti sayuran dan bahan obat. Penelitian ahli gizi menunjukkan bahwa secara umum jamur memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan tumbuh-tumbuhan yang lain. Sehingga, jamur merupakan jawaban yang tepat bagi masyarakat yang kekurangan gizi, seperti di negara-negara berkembang (Afrika dan Asia). Jamur juga mengandung bermacam-macam vitamin serta kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Sementara itu kandungan kalori dan kolesterolnya rendah, sehingga jamur sangat baik untuk diokonsumsi.

Jenis-jenis jamur yang berperan penting telah banyak dibudidayakan. Diantara sekian banyak jenis jamur yang ada di daerah tropis dan subtropis, jamur merang (Volvariella volvacea) merupakan jamur yang paling terkenal, terutama oleh masyarakat Asia Tenggara. Jamur ini telah lama dibudidayakan sebagai bahan pangan karena memiliki rasa yang enak dan tekstur yang baik, sehingga banyak disukai orang. Jamur merang umumnya tumbuh pada medium yang merupakan sumber selulosa, misalnya pada tumpukan merang. Sehingga merang yang dahulu hanya dianggap sebagai limbah pada penggilingan padi, sekarang telah banyak dimanfaatkan untuk budidaya jenis jamur ini.

Anda sekarang sudah mengetahui Jamur yang Menguntungkan bagi Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

Search