Kelenjar Tiroid (Gondok) Manusia : Fungsi dan Hormon

Leave a Comment

Kelenjar Tiroid (Gondok) pada Manusia : Fungsi dan Hormon - Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terletak pada leher, tepatnya pada laring. Kelenjar ini terdiri atas dua lobus yakni sebelah kanan dan kiri laring. Beratnya sekitar 25 g dan kaya akan darah. Hormon terpenting yang disekresikan kelenjar tiroid adalah tiroksin. Untuk mengetahui peran ketiga hormon tersebut, perhatikan Tabel 1. berikut ini. Hormon tiroksin terbentuk dari asam amino yang mengandung yodium. Bagi tubuh, hormon ini berpengaruh dalam proses metabolisme sel. Selain itu, hormon tersebut juga memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan diferensiasi jaringan tubuh.

Tabel 1. Jenis-Jenis Hormon yang Dihasilkan Oleh Kelenjar Tiroid

Kelenjar
Hormon
Berperan dalam
Tiroid
Tiroksin
Proses metabolisme
Pertumbuhan fisik
Perkembangan mental
Kematangan seks
Mengubah glikogen menjadi gula dalam hati
Triidotironin
Distribusi air dan garam dalam tubuh (sama dengan peran hormon tiroksin)
Kalsitonin
Menjaga keseimbangan kalsium dalam darah

Keistimewaan kelenjar tiroid dibanding kelenjar endokrin yang lain yaitu kaya pembuluh darah. 
Kelenjar tiroid manusia
Gambar 1. Kelenjar tiroid manusia
Hiposekresi kelenjar tiroid mengakibatkan gejala kemunduran pada fisik (kretinisme) dan mental terutama pada masa anak-anak. Hiposekresi kelenjar tiroid pada orang dewasa mengakibatkan miksodema dengan ciri-ciri kegemukan (obesitas) dan kecerdasan menurun. Sebaliknya, jika terjadi hipersekresi kelenjar ini dapat mengakibatkan hiperaktif, tetapi badan kurus (morbus basedowi) dengan tanda-tanda gugup, nadi dan napas cepat serta tidak teratur, mulut ternganga, mata lebar (eksoftalmus), meningkatnya metabolisme dan emosional.

Anda sekarang sudah mengetahui Kelenjar Tiroid atau Kelenjar Gondok. Terima kasih anda sudah mengetahui Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.