Saturday, December 22, 2012

Pengertian Virus dalam Biologi


Pengertian Virus dalam Biologi - Saat ini tingginya aktivitas manusia serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Salah satu dampaknya adalah tingginya tingkat polusi akibat kegiatan manusia yang menghasilkan limbah, terlebih lagi apabila limbah-limbah hasil pembuangan akhir tersebut tidak menjalani proses daur ulang. Hal tersebut memberikan dampak yang besar terutama di bidang kesehatan, misalnya muncul beberapa jenis penyakit yang berasal dari mikroorganisme yang ada pada limbah atau sampah.  Sedangkan beberapa penyakit lainnya juga dapat disebabkan oleh virus. Penyakit yang ditimbulkan oleh virus pada umumnya lebih sulit penanganannya. Hal ini menimbulkan kewaspadaan serta perhatian yang tinggi dari manusia setelah ditemukannya beberapa jenis penyakit baru dan aneh yang disebabkan oleh infeksi virus. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar dari virus yang menyebabkan penyakit. Gambar 1, 2, 3.
Virus T
Gambar 1. Virus T, menyerang bakteri Escherichia coli di dalam colon.
Virus TMV
Gambar 2. Virus TMV, menyerang daun tembakau
Virus herpes
Gambar 3. Virus herpes, penyebab penyakit herpes pada manusia
Kata virus berasal dari bahasa latin “virulae” yang berarti ‘menular’. Virus merupakan substansi yang bersifat aseluler (bukan berupa sel), karena virus hanya memiliki bagian yang disebut kapsid (selubung yang melindungi bagian dalam virus) dan asam nukleat. Virus juga tidak memiliki bagian sel pada umumnya, seperti inti sel, membrane sel dan sitoplasma. Virus memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga virus disebut sebagai mikroorganisme atau mikroba. Pada ilmu biologi, pemahaman mengenai virus dipelajari lebih mendalam pada cabang ilmu yang disebut dengan virologi.

Anda sekarang sudah mengetahui Pengertian Virus. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.