Monday, December 3, 2012

Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium pada Hewan


Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium pada Hewan - Jaringan epitelium terdiri atas sel-sel yang tersusun dalam lembaran-lembaran. Beberapa jaringan epitelium melapisi permukaan organ tubuh bagian dalam dan dibentuk untuk melaksanakan fungsi absorbsi dan proteksi. Beberapa jaringan epitelium berfungsi sebagai kelenjar. Organ yang berperan dalam pengambilan dan penyerapan zat kimia akan mempunyai permukaan epitelium yang luas, misalnya paru-paru, usus halus, dan ginjal. Sel-sel epitelium terikat satu sama lainnya oleh zat pengikat (semen) antar sel sehingga hampir tidak ada ruangan antar sel. Sel-sel jaringan epitelium melekat pada lamina basalis yang berfungsi mengikat jaringan dengan bagian yang ada di bawahnya. Perhatikan berbagai jaringan epitelium yang menyusun organ tubuh hewan pada Gambar 1.
jaringan epitelium hewan
Gambar 1. Jaringan Epitelium menyusun organ tubuh hewan
Pada Gambar 1. tersebut dapat diketahui bahwa terdapat berbagai macam jaringan epitelium dalam tubuh hewan. Jaringan epitelium dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah lapisan sel, bentuk, serta berdasar pada struktur dan fungsinya.

a. Epitelium Berdasarkan Bentuk dan Jumlah Lapisan Sel

Perhatikan Gambar 2. Berdasarkan bentuknya, sel epitelium dibedakan menjadi bentuk pipih, kubus, dan silindris (batang). 
Epitelium pipih kubus silindris
Gambar 2. Epitelium (a) pipih, (b) kubus, dan (c) silindris
Sementara itu berdasarkan jumlah lapisannya, epitelium dapat dibedakan menjadi jaringan epitelium simpleks (sederhana) dan jaringan epitelium kompleks (berlapis). Epitelium simpleks adalah Epitelium yang hanya terdiri atas selapis sel. Epitelium kompleks adalah epitelium yang terdiri atas beberapa lapis sel.

b. Epitelium Berdasarkan Struktur dan Fungsi

Jaringan epitelium berdasarkan struktur dan fungsinya dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan epitelium kelenjar dan jaringan epitelium penutup.

Anda sekarang sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium pada Hewan. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.