Sunday, December 2, 2012

Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Polos pada Hewan

Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Polos pada Hewan - Dinamakan otot polos, karena serabut kontraktilnya tidak gelap (terang), sedangkan sarkoplasma (sitoplasma sel otot)-nya tampak polos atau tanpa penampakan lurik. Sel otot polos berbentuk gelendong dengan satu buah inti pipih terletak di tengah. Perhatikan Gambar 1. Otot ini dapat ditemukan dalam dinding saluran pencernaan seperti usus dan lambung, kemudian pada kandung kemih, dan pembuluh darah. Otot polos disebut pula otot otonom. Sebab, otot ini bertanggungjawab atas aktivitas tidak sadar, seperti gerakan lambung atau penyempitan pembuluh darah. Selain ciri tersebut, otot polos memiliki kontraksi sangat lambat, tidak cepat lelah, dan tahan lama. (Baca : Jaringan otot hewan)
Jaringan otot polos
Gambar 1. Jaringan otot polos
Anda sekarang sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Polos pada Hewan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

Search