Majas Eufemisme, Pengertian, Contoh, Macam-macam/Jenis, Perbandingan

Leave a Comment
Artikel dan Makalah tentang Majas Eufemisme, Pengertian, Contoh, Macam-macam/Jenis, Perbandingan - Majas eufemisme adalah ungkapan yang dihaluskan dalam mengemukakan suatu gagasan. Hal ini dilakukan apabila ungkapan gagasan tersebut secara langsung, bisa menimbulkan perasaan yang tidak enak, atau terasa agak kasar. Pemakaian majas ini termasuk dalam pilihan ragam bahasa. Dalam eufemisme pemakaian kata tertentu dihindari dan digantikan oleh sinonimnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk eufemisme, banyak digunakan bentuk majas lain, misalnya metafora, metonimi, sinekdoke, dan seterusnya. Kadang-kadang digunakan bentuk negatif dari maknanya.

Contoh: Untuk mengatakan “Tono sedang berak” digunakan ujaran “Tono pergi ke belakang”.

Di sini digunakan bentuk metonimi, karena biasanya tempat buang hajat itu ada di belakang rumah. Bahkan kata buang air atau buang hajat juga merupakan eufemisme yang berbentuk sinekdoke.

Contoh lain: “Uang sumbangan untuk korban banjir telah dikorupsi oleh para pejabat.” disampaikan dengan “Uang sumbangan korban banjir telah disunat oleh para pejabat”.

Dari segi bentuknya, majas ini bersifat metaforis, sehingga tidak perlu lagi dikemukakan baik bagan wilayah makna maupun segitiga semantiknya. Kadang-kadang, untuk mengemukakan eufemisme ini digunakan bentuk yang menampilkan makna negatif dari komponen makna pusatnya. Contoh-contoh: pemakaian kata tuna susila untuk ‘pelacur’, tuna karya untuk ‘penganggur’, tuna (tanpa) daksa untuk ‘orang buta, tuli dan bisu’, tuna wicara untuk ‘orang bisu’, tuna aksara untuk ‘orang buta huruf’, tuna laras untuk ‘orang yang cacat suara dan nada’, tuna grahita untuk ‘cacat mental’. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada jenis-jenis majas yang menggunakan bentuk bervariasi, kadang-kadang menggunakan bentuk majas lain, kadang-kadang juga bentuk lain.

Referensi :

Zaimar, O. K. S. 2002. Majas dan Pembentuknya. Makara. Sosial Humaniora, 6 (2) : pp. 45-57.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.