Majas Simile, Pengertian, Contoh, Perumpamaan atau Perbandingan Kata


Artikel dan Makalah tentang Majas Simile, Pengertian, Contoh, Perumpamaan atau Perbandingan Kata - Dalam simile terdapat dua kata (atau bentuk lainnya) yang masing-masing menampilkan konsep dan acuan yang berbeda. Menurut pandangan budaya tertentu antara wilayah makna kedua kata (atau bentuk lainnya) terdapat persamaan komponen makna, sehingga keduanya bisa dibandingkan. Perbandingan ini tidak menimbulkan masalah. Majas ini mudah dikenali, karena kedua penanda muncul bersamaan dan selalu dihubungkan oleh kata pembandingnya. Perbandingan tersebut bersifat eksplisit.

Contoh: “Wajah ibu dan anak itu bagaikan pinang dibelah dua.”

Bagan wilayah makna:
Bagan wilayah makna majas simile

Unsur bahasa yang dibandingkan adalah frasa wajah ibu dan anak (wilayah maknanya ditampil-kan oleh bulatan di sebelah kiri) dengan klausa pinang dibelah dua (wilayah maknanya ditam-pilkan dengan bulatan yang berada di sebelah kanan). Komponen makna penyama adalah: ‘kemiripan’, dikemukakan dengan bagian yang diberi warna hitam. Komponen makna pembeda untuk wajah ibu dan anak adalah ‘bagian kepala manusia’, untuk pinang dibelah dua adalah ‘sejenis buah’ ‘keras bijinya’, ‘untuk makan sirih’. Dalam tulisan ini tidak akan dikemukakan bagan segitiga semantik, karena wajah ibu dan anak merupakan frasa dan pinang dibelah dua merupakan klausa. Selain itu, setiap unsur yang dibandingkan berdiri sendiri, tidak ada hubungannya satu sama lain. Persamaan baru tampak bila kita melihat bagan wilayah maknanya.

Contoh lain:

- “Gadis itu sangat cantik, matanya seperti bintang kejora.

Unsur yang dibandingkan matanya dengan bintang kejora. Komponen makna penyama adalah: ‘indah dan bersinar-sinar’. Komponen makna pembeda: untuk matanya adalah: ‘bagian kepala’ ‘manusia’, untuk bintang kejora adalah: ‘benda alam’ ‘di langit’ ‘berkelap-kelip’ ‘malam hari’. Majas ini tidak menimbulkan kesulitan pemahaman, karena kata yang dibandingkan sama-sama muncul dalam teks, dan digunakan kata pembanding: seperti, bagaikan, umpama, dan lain-lain. Demikianlah perbandingan dalam simile, hal ini juga terdapat dalam metafora, namun proses pembentukannya berbeda.


Referensi :

Zaimar, O. K. S. 2002. Majas dan Pembentuknya. Makara. Sosial Humaniora, 6 (2) : pp. 45-57.



Pengunjung dapat menyalin materi di blog ini menggunakan Browser Google Chrome. Google Chrome
Bacalah terlebih dahulu Panduan Pengunjung jika anda ingin menggunakan materi dari blog ini.
DMCA.com
Judul : Majas Simile, Pengertian, Contoh, Perumpamaan atau Perbandingan Kata

Rating : 9 out of 10 based on 666 ratings. 9 user reviews.

Reviewer : Puri Maulana

Masukkan Kata Kunci




Artikel Terkait :

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.