Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara


Artikel dan Makalah tentang Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara - Kehidupan masyarakat Tarumanagara tak jauh beda dengan Kutai. Menurut sebuah prasasti, kehidupan sosialnya telah berkembang baik, terlihat dari penggalian kanal (sungai yang digali) Gomati dan Candrabhaga secara gotong-royong. Tenaga kerja yang diperintah menggali kanal tersebut biasanya dari golongan budak dan kaum sudra. Pembangunan kanal Gomati dan Candrabaga begitu bermakna bagi perekonomian Tarumanagara. Selain sebagai sarana pencegah banjir, juga dapat dipergunakan sebagai sarana transportasi (lalu lintas) air dan perdagangan antara pedagang Tarumanagara dengan pedagang daerah lain. Hasil bumi merupakan komoditas utama. (Baca juga : Kerajaan Tarumanegara)

Melalui perdagangan, masyarakat Tarumanagara dapat memperoleh barang yang tidak dihasilkan di kerajaannya. Kehidupan ekonomi Tarumanagara bertumpu pada hasil ladang dan kebun. Barang yang ditawarkan adalah beras dan kayu jati. Mayoritas rakyat Tarumanagara adalah peladang. Karena masyarakat peladang selalu berpindah-pindah tempat. Ini berbeda dengan masyarakat petani yang selalu menetap di satu tempat, misalnya di Jawa Tengah dan Timur.

Catatan Sejarah :

Menurut Jacob Sumardjo, masyarakat peladang adalah masyarakat yang hidup di daerah dataran tinggi dan pegunungan, hidup dengan berladang karena itu mereka berpindah-pindah. Bila hasil panen ladang telah habis, mereka berpindah tempat untuk mencari lahan baru untuk ditanami buah-buahan, sayur, mayur, ubi-ubian, serta padi. Maka dari itu, di Jawa Barat jarang ditemukan bekas-bekas peninggalan kerajaan karena baik pemimpin maupun rakyatnya cenderung berpindahpindah tempat, tidak berdiam untuk tempo yang cukup lama. Ini mengingat tanah di daerah dataran tinggi tidak terlalu baik untuk dijadikan lahan pertanian. Sebaliknya, tradisi pertanian hidup di dataran rendah seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang lebih banyak meninggalkan artefak dan benda bersejarah.

Anda sekarang sudah mengetahui Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.



Pengunjung dapat menyalin materi di blog ini menggunakan Browser Google Chrome. Google Chrome
Bacalah terlebih dahulu Panduan Pengunjung jika anda ingin menggunakan materi dari blog ini.
DMCA.com
Judul : Sistem Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Tarumanegara

Rating : 9 out of 10 based on 666 ratings. 9 user reviews.

Reviewer : Puri Maulana

Masukkan Kata Kunci




Artikel Terkait :

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.