Wednesday, February 27, 2013

Penjelajah Samudera yang Menemukan Rute Baru Jalur Perdagangan

Artikel dan Makalah tentang Penjelajah Samudera yang Menemukan Rute Baru Jalur Perdagangan - Adanya teori bahwa bumi ini bulat merangsang para pelaut dan pedagang untuk lebih berani menjelajahi tempat-tempat yang asing. Seiring dengan perkembangan teknologi perkapalan, muncullah sejumlah pelaut ulung yang dengan gagah-berani mengarungi samudera dan lautan luas yang sebelumnya tak pernah dilalui pelaut atau pedagang lain. Banyak di antara mereka yang dibiayai oleh pihak kerajaan, dan bila mereka datang dengan kabar gembira karena berhasil “menemukan benua baru” maka raja atau ratu bersangkutan akan memberikan mereka hadiah dan kedudukan karena dianggap berjasa telah membuat bangsa dan negaranya dikenal dan disegani bangsa-bangsa Eropa lain. (Baca juga : Latar Belakang kedatangan Bangsa Eropa Ke Dunia Timur)

Berikut ini beberapa pelaut Eropa yang berhasil mencapai Dunia Timur:

a. Bartholomeus Diaz

Bartholomeus Diaz adalah pelaut berkebangsaan Portugis yang melakukan pelayaran pertama kali menyusuri pantai barat Afrika ke arah Timur hingga Tanjung Harapan atau Tanjung Pengharapan yang Baik (Cape of A Good Hope) yang terletak di ujung selatan benua Afrika pada tahun 1486.

b. Christophorus Colombus

Christophorus Colombus adalah pelaut berkebangsaan Italia yang bekerja untuk Kerajaan Spanyol. Dengan tiga buah kapalnya Pinta, Nina, Maria, pada tahun 1492 ia berlayar melintasi Samudera Atlantik menuju ke arah barat dari benua Eropa, dan mendarat di Kepulauan Bahama yang menurutnya merupakan “benua baru”, yang sekarang bernama benua Amerika. Colombus mengganggap penduduk asli yang tinggal di pulau itu adalah bangsa India, padahal bukan sama sekali. Maka dari itu, hingga kini masyarakat dunia tetap menyebut penduduk asli yang berdiam di benua Amerika dengan nama “Indian” yang berarti “orang India”.

c. Vasco da Gama

Vasco da Gama adalah pelaut berkebangsaan Portugis, sekaligus pelaut Eropa yang berhasil pertama kali mencapai Calicut, Goa di India pada tahun 1498. Ia menggunakan jalur/rute yang dulu dibuka oleh pendahulunya, Bartholomeus Diaz. Di Goa, Portugis mendirikan kantor (kongsi) dagang pertama di Asia.

d. Alfonso de Albuquerque

Alfonso de Albuquerque adalah pelaut berkebangsaan Portugis yang pernah menjabat gubernur di kantor dagang di Goa. Dari India, ia kemudian meneruskan pelayaran ke arah timur. Pada tahun 1511, rombongannya berhasil mencapai Malaka di Semenanjung Melayu. Saat itu Malaka merupakan salah satu pelabuhan transito teramai di Asia Tenggara. Setahun berikutnya, tahun 1512 barulah kapal Portugis berhasil sampai di Maluku.

e. Ferdinad de Magelhaens

Ferdinad de Mahelhaens sesungguhnya berkebangsaan Portugis, tetapi bekerja untuk Spanyol. Dalam pelayarannya yang dimulai tanggal 10 Agustus 1519, dengan dibantu oleh Juan Sebastian del Cano, ia berhasil mencapai Kepulaan Filipina, tetapi Ferdinand terbunuh oleh penduduk Filipina sekitar tahun 1521. Pelayarannya kemudian dilanjutkan oleh del Cano ke Maluku yang diteruskan kembali ke Spanyol. Inilah pelayaran yang pertama kali berhasil mengelilingi dunia.

Anda sekarang sudah mengetahui Penjelajah Samudera. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.

Search