Macam-macam Mineral Makro dan Mineral Mikro, Trace, Contohnya serta Fungsinya bagi Tubuh Manusia dan Hewan, Pengertian, Manfaat, Kegunaan


Macam-macam Mineral Makro dan Mineral Mikro, Trace, Contohnya serta Fungsinya bagi Tubuh Manusia dan Hewan, Pengertian, Manfaat, Kegunaan - Pengelompokan mineral-mineral yang dianggap esensial bagi ternak dibagi menjadi tiga, yaitu mineral makro yang dibutuhkan dalam jumlah yang relatif banyak dan karenanya sangat esensial, mineral mikro yang dibagi menjadi dua yaitu esensial dan kemungkinan esensial bagi ternak karena kebutuhannya hanya sedikit dan mineral trace yang dibagi menjadi dua yaitu kemungkinan esnsial dan yang fungsinya belum pasti karena mungkin dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Mineral yang dibutuhkan hanya dalam jumlah kecil, apabila termakan dalam jumlah besar dapat bersifat racun. Klasifikasi mineral esensial dapat dilihat pada Tabel 1.

No.
Mineral makro
Mineral mikro
Mineral trace
1.
Kalsium (Ca)
Zink (Zn)
Silikon (Si)*
2.
Fosfor (P)
Kobalt (Co)
Vanadium (V)*
3.
Kalium (K)
Tembaga (Cu)
Aluminium (Al)*
4.
Natrium (Na)
Yodium (I)
Perak (Ag)**
5.
Klorida (Cl)
Besi (Fe)
Lithium (Li)**
6.
Magnesium (Mg)
Mangan (Mn)
Barium (Ba)**
7.
Sulfur (S)
Molibdenum Mo)

8.

Selenium (Se)

9.

Cadmium (Cd)*

10.

Sr*

11.

Fluorin (F)*

12.

Nikel (Ni)*

13.

Kromium (Cr)

Keterangan : * Mungkin esensial

** Fungsi belum pasti


Secara umum peranan mineral adalah memelihara kondisi ionik dalam tubuh, memelihara keseimbangan asam basa tubuh dalam hal ini tergantung pada ion Na+, K+, Ca2+Mg2+, Cl-, PO43- dan SO43-. Contoh mekanisme kebasaannya adalah :

Na laktat → Na+ + laktat-
H20 → H+ + OH
Laktat+ H+  → asam laktat
Asam laktat → CO2 + H2O
Na-laktat → Na+ + OH- + CO2

Sehingga terjadi akumulasi Na+ dan OH-, sementara CO2 terbuang lewat pernafasan. Contoh bahan makanan yang bersifat alkali adalah buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan air susu. Sementara contoh mekanisme keasaman adalah :

NH4Cl → NH4+ + Cl-

NH4+ membentuk urea. Urea keluar melalui urin sementara Cl terakumulasi. Contoh bahan makanan yang berefek asam adalah daging, telur dan serealia.

Peranan mineral lain adalah memelihara tekanan osmotik cairan tubuh, menjaga kepekaan otot dan syaraf dengan cara berperan dalam tiga lokasi, yaitu syarafnya pada penghantaran stimuli (Na+ dan K-, padaa neuro muskuler (Mg+) dan pada otot dengan mempengaruhi kontraksinya (Ca2+). Selain itu mineral juga berperan mengatur transport zat makanan dalam sel, mengatur permeabilitas membran sel dan kofaktor enzim serta mengatur metabolisme.

Anda sekarang sudah mengetahui Mineral Makro dan Mineral Mikro. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

DAFTAR PUSTAKA PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK

Artikel ini merupakan materi yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Wahyu Widodo, Ms. (Fakultas Peternakan-perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari Buku Ajar Berjudul "PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK" tahun 2006.



Pengunjung dapat menyalin materi di blog ini menggunakan Browser Google Chrome. Google Chrome
Bacalah terlebih dahulu Panduan Pengunjung jika anda ingin menggunakan materi dari blog ini.
DMCA.com

Masukkan Kata Kunci




Artikel Terkait :

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.