Jenis-jenis / Macam-macam Mutasi dan Penyebab Mutasi Gen dan Kromosom


Jenis-jenis / Macam-macam Mutasi dan Penyebab Mutasi Gen dan Kromosom - Pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya merupakan proses yang terjadi secara kontinyu (terus menerus). Meskipun demikian, “kesalahan” dalam pewarisan sifat tersebut dapat saja terjadi sehingga DNA sel anak akan berbeda dengan DNA sel induk. Sejak awal tahun 1900, mutasi diartikan sebagai perubahan hereditas. Pada tahun 1901, Hugo de Vries mengemukakan istilah mutasi pertama kali dalam bukunya Th e Th eory of Mutation. Vries menemukan adanya perubahan pada tanaman Oenthora lamarckina yang diyakini karena adanya penyimpangan genotip secara tiba-tiba dan diturunkan pada keturunan berikutnya. Selanjutnya, pada tahun 1927, Herman J. Muller (ahli genetika) menemukan mutasi pada lalat buah (Drosophila melanogaster) oleh pengaruh radiasi sinar X.

Mutasi mengandung dua makna penting, yaitu perubahan materi genetik yang akan diwariskan pada keturunannya, dan bagaimana proses perubahan tersebut terjadi pada suatu organisme. Organisme yang mengalami mutasi dan memperlihatkan fenotip baru hasil mutasi disebut mutan.

Mutasi mempunyai beberapa sifat, yaitu muncul secara bebas, bersifat menurun terhadap keturunannya, dan jarang terjadi. Adanya mutasi gen pada individu dapat diketahui. Mutasi dapat terjadi melalui berbagai cara dan sebab. Berdasarkan materi hereditas yang mengalami perubahan, mutasi dibedakan menjadi mutasi gen dan mutasi kromosom.

A. Macam-macam Mutasi

1. Mutasi Gen

Mutasi gen adalah perubahan susunan basa nitrogen pada nukleotida, disebut juga mutasi titik (point mutation). Perubahan susunan basa nitrogen pada triplet, menyebabkan berubah pula asam amino yang akan dikode. Demikian pula, jenis atau fungsi protein yang akan dihasilkan. Gen yang normal maupun gen mutan dapat bersifat dominan maupun resesif. Pada organisme diploid yang heterozigot, fenotip yang akan muncul adalah fenotip dari alel yang dominan, karena alel yang dominan dapat ditranskripsi dan ditranslasi menjadi protein yang berfungsi. Selanjutnya, aktivitas protein tersebut akan terlihat pada fenotipnya. Sementara itu, alel yang resesif tidak dapat ditranskripsikan dan ditranslasikan sebagaimana alel dominan, sehingga fenotipnya tidak tampak.

Mutasi gen dapat terjadi melalui berbagai cara, yaitu:

a. Transisi

b. Transversi

c. Mutasi Frame Shift (Pergeseran Rangka)

2. Mutasi Kromosom

Mutasi kromosom disebut juga aberasi kromosom atau mutasi besar (gross mutation), yaitu perubahan struktur atau jumlah kromosom. Mutasi kromosom banyak terjadi pada tanaman.

a. Perubahan struktur kromosom

Beberapa penyebab terjadinya perubahan struktur kromosom, antara lain:

1) Delesi atau Defisiensi

2) Duplikasi

3) Inversi

4) Translokasi

b. Perubahan jumlah kromosom

Dalam keadaan normal, jumlah kromosom yang dimiliki individu adalah stabil. Akan tetapi, adanya penyimpangan seperti peristiwa nondisjunction atau induksi yang sengaja diperlakukan menyebabkan jumlah kromosom dapat berubah. Perubahan jumlah kromosom meliputi:

1) Euploidi

2) Aneuploidi

Mutasi gen dan mutasi kromosom tentunya terjadi di dalam sel. Oleh karena itu, berdasarkan jenis sel yang mengalami mutasi dibedakan menjadi mutasi somatis dan mutasi germinal.

1. Mutasi Somatis

2. Mutasi Germinal

Berdasarkan mekanisme terjadinya, ada dua macam mutasi, yaitu mutasi alami dan mutasi buatan.

1. Mutasi Alami

2. Mutasi Buatan

Selain berdasarkan materi hereditas, jenis sel, dan mekanisme terjadinya, mutasi dibedakan pula berdasarkan efek atau pengaruh yang ditimbulkan.

1. Mutasi Missense

2. Mutasi Non-sense

3. Mutasi Netral

4. Mutasi Diam

B. Penyebab Mutasi

Anda sekarang sudah mengetahui Macam-macam Mutasi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.



Pengunjung dapat menyalin materi di blog ini menggunakan Browser Google Chrome. Google Chrome
Bacalah terlebih dahulu Panduan Pengunjung jika anda ingin menggunakan materi dari blog ini.
DMCA.com
Judul : Jenis-jenis / Macam-macam Mutasi dan Penyebab Mutasi Gen dan Kromosom

Rating : 9 out of 10 based on 666 ratings. 9 user reviews.

Reviewer : Puri Maulana

Masukkan Kata Kunci




Artikel Terkait :

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.