Thursday, March 7, 2013

Makanan Sumber dan Fungsi Vitamin B3 (Niasin) : Akibat Kekurangan bagi Tubuh Manusia dan Hewan

Makanan Sumber dan Fungsi Vitamin B3 (Niasin) : Akibat Kekurangan bagi Tubuh Manusia dan Hewan - Niasin adalah suatu derivat piridin yang merupakan komponen tidak toksik dari nikotin. Niasin merupakan bagian dari NAD (nicotinamide adenine dinucleotide), juga dikenal dengan nama koenzim I. Niacin juga merupakan bagian dari molekul NADP, yang juga dikenal dengan nama koenzim II. Koenzim berperan dalam respirasi seluler, bersama-sama dengan flavoprotein. Niacin juga berperan dalam metabolisme serta absorpsi karbohidrat. Sumber niacin yang potensial adalah hati, jantung, ginjal, dari hewan mamalia dan produk tumbuhan berupa dedak padi ataupun gandum, biji bunga matahari dan kacang tanah, suplemen protein, moise, mollases, dan meal. Dengan kata lain sumber utama niasin adalah makanan yang mengandung triptofan. Perlu menjadi catatan, jagung sebagai bahan pakan utama unggas dapat menyebabkan sindrom defisiensi niasin yang disebut dengan pellagra.
Niasin Vitamin B3
Gambar 1. Struktur Niasin (Vitamin B3). (Wikipedia Commons)
Defisiensi / Kekurangan niasin pada awalnya ditandai oleh adanya gastrointestinal dan kelemahan otot, black tongue, pembengkakan lidah, diare, dimensia dan dermatitis. Apabila terjadi defisiensi triptofan berarti juga terjadi defisiensi niasin (defisiensi ganda). Asam nikotinat dalam dosis tinggi dapat menimbulkan pellagra yang ditandai oleh kulit kemerahan (skin flushing), gatal-gatal (pruritus) dan gangguan pencernaan dan juga telah menunjukkan kegunaan untuk menurunkan kadar kolesterol serum oleh mekanisme yang tidak dimengerti. Gejala ini disebut pula dengan 3D-4D yaitu dermatitis, diare, depresi atau dementia, dan kadang-kadang juga mengakibatkan kematian.

Anda sekarang sudah mengetahui Vitamin B3. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

DAFTAR PUSTAKA PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK

Artikel ini merupakan materi yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Wahyu Widodo, Ms. (Fakultas Peternakan-perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari Buku Ajar Berjudul "PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK" tahun 2006.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.

Search