Pengaruh Lemak Terhadap Hewan Ternak


Pengaruh Lemak Terhadap Hewan Ternak - Fakta-fakta menunjukkan bahwa kegemukan mempunyai basis genetik yang kuat yang meliputi perbedaan diantara individu yang kurus dan gemuk dalam aktivitas enzim jaringan yang berhubungan dengan sintesis lipid dan oksidasi. Sel-sel lemak dari tikus-tikus yang bergenetik gemuk mengubah lebih banyak piruvat atau glukosa pada gliserida-gliserol dibandingkan dengan tikus-tikus kurus yang membuat gemuk dengan luka hipotalamus yang disebabkan oleh masukan pakan.

Enzim jaringan adiposa pada babi gemuk yang berhubungan dengan lipogenesis lebih tinggi dibandingkan dengan babi kurus dan lipolisis jaringan adiposa dalam merespon kerja epineprin kurang pada babi gemuk dibandingkan dengan babi kurus. Enzim glukoneogenik lebih tinggi pada babi gemuk dan respon enzim pada pemuasaan dan pemberian pakan lagi lebih besar pada babi kurus.

Deposisi lemak bersih pada tubuh seimbang diantara proses lipogenesisi dan lipolisis yang terjadi terus-menerus pada berbagai varietas ternak. Tingkat kejenuhan lemak tubuh bervariasi diantara dan dalam spesies ternak. Ruminan cenderung mempunyai lebih banyak lemak jenuh dibandingkan dengan non ruminan dan komposisi lemak tubuh ruminan kurang responsif pada pakan. Babi mempunyai tingkat lemak jenuh tubuh yang bervariasi tergantung pada latar belakang genetik yang mekanismenya belum diketahui, kemungkinan berhubungan dengan seleksi mereka untuk merubah metabolisme lemak atau untuk tingkat kegemukan. Babi gemuk cenderung mempunyai lebih banyak lemak jenuh dibandingkan babi kurus.

Deposisi lemak berhubungan dengan jumlah adipose sel dan ukuran tubuh ternak. Terdapat hubungan yang erat dan temporal antara jaringan adipocytes dan jaringan pembuluh darah yang ditunjukkan pada suplai nutrisi pada adipocyte. Hal tersebut beralasan untuk mengasumsikan bahwa pembuluh darah akan mendahului penyusunan adipocytes pada tempat khusus.

Asal mula histologi pada adipocyte masih tidak tentu, tetapi sekarang nampak bahwa preadipocytes (selsel yang berliku-liku mengakumulasi lemak untuk menjadi adipocytes) dapat berkembang biak setelah lahir, bahkan selama kedewasaan. Peningkatan pada jumlah adipocyte setelah lahir ini kemungkinan bervariasi diantara spesies. Pada babi, terdapat perbedaan distribusi pada adipocytes kecil dan besar pada babi gemuk dan babi kurus. Babi gemuk mempunyai lebih banyak adipocytes kecil (diameter 20-30 mikron) dibandingkan babi kurus walaupun diameter sel maksimum lebih besar pada babi gemuk (190 mikron) dibandingkan babi kurus (140 mikron).

Deposisi lemak tubuh pada ternak jelas adalah fenomena dinamis, baik pada anatominya (ukuran dan jumlah adipocyte) maupun pada biokimianya (lipogenesisi dan lipolisis). Aturan nutrisi pada pengaruh ukuran dan jumlah adipocyte dan pada kontrol sintesis dan oksidasi lemak belum dimengerti sepenuhnya. Ahli nutrisi harus berhati-hati dan memperhatikan tentang pentingnya kegemukan dalam kesehatan dan harus melanjutkan penyelidikan interaksi antara genetik dan nutrisi dengan kekhusussan pada komposisi tubuh dan
metabolisme.

Anda sekarang sudah mengetahui Pengaruh Lemak. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

DAFTAR PUSTAKA PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK

Artikel ini merupakan materi yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Wahyu Widodo, Ms. (Fakultas Peternakan-perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari Buku Ajar Berjudul "PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK" tahun 2006.



Pengunjung dapat menyalin materi di blog ini menggunakan Browser Google Chrome. Google Chrome
Bacalah terlebih dahulu Panduan Pengunjung jika anda ingin menggunakan materi dari blog ini.
DMCA.com
Judul : Pengaruh Lemak Terhadap Hewan Ternak

Rating : 9 out of 10 based on 666 ratings. 9 user reviews.

Reviewer : Puri Maulana

Masukkan Kata Kunci




Artikel Terkait :

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.