Friday, March 1, 2013

Sejarah Berdirinya Pakempalan Politik Katolik Djawi, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional

Artikel dan Makalah tenga Sejarah Berdirinya Pakempalan Politik Katolik Djawi, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional - Kasimo mengawali perjuangan dan pengabdian di bidang politik setelah keluar dari Boedi Oetomo. Ia bersama sejumlah teman tahun 1923 mendirikan Pakempalan Politik Katolik Djawi, berubah menjadi Perkumpulan Politik Katolik di Jawa tahun 1925, akhirnya jadi Partai Katolik Republik Indonesia. (Baca juga : Organisasi Keagamaan Pada Masa Pergerakan Nasional)

Di kalangan kaum Nasrani juga lahir organisasi, yakni PPKJ (Perkumpulan Politik Katolik Jawi), didirikan pada 22 Februari 1925 di Yogyakarta. PPKJ bertujuan turut berusaha sekuat tenaga bagi kemajuan Indonesia, didasarkan atas ajaran Katolik. Organisasi ini bersifat kooperatif. Tokoh organisasi ini adalah I.J.Kasimo, seorang pegawai gubernemen. Pada Maret 1930 diadakan kongres pertama. Keputusannya antara lain menuntut penghapusan poenale santice dari aturan kuli kontrak.

Anda sekarang sudah mengetahui Pakempalan Politik Katolik Djawi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.