Dinosaurus Terbesar Di Dunia

Leave a Comment
Dinosaurus Terbesar Di Dunia - Ada beberapa hal yang rumit untuk menentukan dinosaurus terbesar di dunia. Salah satu masalah tersebut adalah, para arkeolog jarang menemukan sebuah tengkorak yang utuh. Para arkeolog lebih sering mendapatkan potongan dari fragmen tulang dinosaurus, dan mencoba untuk memperkirakan profil tinggi dan berat badan.

Pernah dikatakan bahwa, dinosaurus terbesar berdasarkan bukti yang paling banyak adalah Argentinosaurus. Dinosaurus ini ditemukan di Argentina pada tahun 1993. Dengan panjang hingga 130 meter dan berat diperkirakan mencapai 110 ton. Argentinosaurus, yang juga dikenal sebagai sauropoda, hidup selama periode Cretaceous tengah, 90-100 juta tahun yang lalu.

Meskipun hanya sedikit fragmen fosil yang ditemukan, A. fragillimus (dinosaurus dalam keluarga Amphicoelias) kemungkinan merupakan dinosaurus terbesar. Berdasarkan deskripsi dari satu fosil tulang, para peneliti memperkirakan bahwa fragillimus kemungkinan memiliki panjang hingga 130-200 meter, dan mungkin memiliki massa hingga 135 ton. Sayangnya, bukti keberadaan dinosaurus raksasa ini telah hilang setelah diteliti pada tahun 1870-an. Semua yang tersisa hanya gambar dan catatan lapangan.
Dinosaurus Sauropoda
Ilustrasi seekor Sauropod. Sauropod dianggap merupakan dinosaurus terbesar dan makhluk terbesar yang pernah berjalan di darat. (Credit: U.S. Department of the Interior, Bureau of Land Management.)
Jadi bagaimana dinosaurus tumbuh begitu besar? Beberapa peneliti berhipotesis bahwa dinosaurus mampu tumbuh dengan cepat dan memberi bahan bakar pada tubuhnya yang besar karena mereka hidup pada saat suhu yang hangat, kadar oksigen yang tinggi, dan  ruang hidup yang berlimpah. Beberapa peneliti lain mengatakan bahwa, dinosaurus harus tumbuh besar untuk mengalahkan banyaknya makhluk yang berukuran kecil dan menengah di planet bumi pada masa itu.

Dengan menjadi besar, ada risiko yang harus ditanggung, ketika datang asteroid pada akhir periode Cretaceous (65 juta tahun lalu), hanya ada beberapa spesies dinosaurus kecil dan burung yang mampu bertahan hidup. Mamalia berukuran kecil yang hidup pada saat itu, secara alami telah mampu beradaptasi untuk mendominasi dunia yang saat ini hanya cocok untuk makhluk berukuran kecil.

Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh Lifeslittlemysteries (10 Oktober 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.