Perpustakaan Cyber, Jurnal, Artikel Ilmiah, Referensi, Sains, Teknologi, Materi Pelajaran, Cerita Rakyat, Dongeng.

Tuesday, April 2, 2013

Obesitas, Masalah Kesehatan Dan Lingkungan

Obesitas, Masalah Kesehatan Dan Lingkungan - Saat ini lingkar pinggang yang semakin “membengkak” tidak lagi hanya menjadi masalah bagi kesehatan. Laporan terbaru mengatakan bahwa kita juga perlu mempertimbangkan dampak lemak terhadap lingkungan.

Orang yang lebih gemuk membutuhkan lebih banyak asupan makanan dan energi. PBB memproyeksikan bahwa pada tahun 2050 akan ada 9 milliar manusia. Orang berbadan lebih gemuk akan lebih banyak “menghabiskan” sumber daya atau energi.

Peneliti telah menghitung berat badan, atau yang dikenal biomassa dari populasi manusia dewasa. Data tersebut dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan Badan Pengembangan Internasional Amerika Serikat pada tahun 2005.

Perhitungan tersebut meliputi populasi orang dewasa, kadar lemak seseorang, yang juga dikenal sebagai indeks massa tubuh, dan tinggi badan. Para ilmuwan menemukan bahwa populasi manusia dewasa di dunia memiliki berat 287 juta ton. Dan sekitar 15 juta ton-nya disumbangkan oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas).
kegemukan
Saat ini lingkar pinggang yang semakin “membengkak” tidak lagi hanya menjadi masalah bagi kesehatan. Laporan terbaru mengatakan bahwa kita juga perlu mempertimbangkan dampak lemak terhadap lingkungan (Credit: iStockphoto/Thinkstock).
Sepertiganya populasi obesitas berasal dari Amerika Utara, meskipun sesungguhnya populasinya hanya mengisi 6% dari populasi dunia. Sementara itu, Asia yang menyumbang 61% populasi dunia ternyata hanya 13 % populasinya yang mengalami obesitas.

Hasil temuan ini dilaporkan oleh tim peneliti kepada BMC Public Health. Jika populasi obesitas pada Negara lain mampu melampaui Amerika Serikat, yakni 36% populasi obesitas di dunia, maka jumlah energi di dunia yang dibutuhkan untuk mendukung populasi yang mengalami kelebihan berat badan tersebut akan meningkat sebanyak 481 %.

Referensi Jurnal:

Sarah C Walpole, David Prieto-Merino, Phil Edwards, John Cleland, Gretchen Stevens and Ian Roberts. 2012. The weight of nations: an estimation of adult human biomass. BMC Public Health. 12:439. doi: 10.1186/1471-2458-12-439.

Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh Science Mag (17 Juni 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
Obesitas, Masalah Kesehatan Dan Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Puri Maulana

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.