Sunday, July 28, 2013

Pembuatan dan Kegunaan Litium Karbonat, Natrium Hidroksida, Kalium Klorida, Alkali, Reaksi, Kimia

Pembuatan dan Kegunaan Litium Karbonat, Natrium Hidroksida, Kalium Klorida, Alkali, Reaksi, Kimia - Litium karbonat adalah garam yang kurang larut, diperoleh dari pengolahan bijih litium. Garam ini digunakan untuk membuat LiOH. Kalsium hidroksida bereaksi dengan litium karbonat mengendapkan kalsium karbonat, dan meninggalkan larutan LiOH.

Ca(OH)2(aq) + Li2CO3(aq) → CaCO3(s) + 2LiOH(aq)

LiOH digunakan pada pabrik sabun litium untuk pelumas.

Contoh Soal Pembuatan Unsur Alkali :

Tunjukkan dengan persamaan kimia, bagaimana KNO3 (kalium nitrat) dapat dibuat dari KCl (kalium klorida) dan asam nitrat dalam dua tahap.

Jawaban :

Kalium hidroksida dibuat secara komersial dari kalium klorida dengan cara elektrolisis larutannya.

KOH(aq) + HNO3(aq) → KNO3(aq) + H2O(l)

Natrium klorida merupakan sumber logam natrium dan bahan baku senyawa natrium lainnya. Senyawa NaOH diproduksi melalui elektrolisis larutan natrium klorida. Reaksi total sel elektrolisis adalah

2NaCl(aq) + 2H2O(l) → 2NaOH(aq) + H2(g) + Cl2(g)

Natrium hidroksida merupakan basa kuat dan memiliki banyak aplikasi penting dalam proses kimia. Sejumlah besar NaOH digunakan untuk membuat kertas, memisahkan aluminium oksida, dan penyulingan minyak bumi.

Senyawa Na2CO3 (soda ash) dipakai pada pembuatan gelas. Senyawa Na2CO3.10H2O dipakai sebagai pelunak air sadah yang ditambahkan ke dalam pembuatan sabun.

Natrium karbonat dibuat melalui proses solvay, yaitu metode pembuatan Na2CO3 dari NaCl, NH3, dan CO2. Dalam proses solvay: NH3 dilarutkan ke dalam larutan jenuh NaCl, kemudian gas CO2 dihembuskan ke dalam larutan hingga terbentuk endapan NaHCO3 (baking soda).

Reaksi total :

NH3(g) + NaCl(aq) + CO2(g) → NaHCO3(s) + NH4Cl(aq)

Endapan NaHCO3 disaring, dicuci, kemudian dipanaskan sekitar 175 °C, dan NaHCO3 terurai menjadi natrium karbonat.



2NaHCO3(s)
Na2CO3(s) + CO2(g) + H2O(l)

Kalium klorida merupakan senyawa kalium penting. Lebih dari 90 % KCl digunakan dalam pupuk, sebab ion kalium berfungsi sebagai nutrien bagi tanaman. Secara berkala, KCl digunakan untuk membuat kalium dan senyawa kalium yang lain. Kalium hidroksida diperoleh dari elektrolisis larutan KCl.

Anda sekarang sudah mengetahui Litium Karbonat, Natrium Hidroksida, Kalium Klorida. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak. Komentar yang tidak sesuai materi akan dianggap sebagai SPAM dan akan dihapus.
Aturan Berkomentar :
1. Gunakan nama anda (jangan anonymous), jika ingin berinteraksi dengan pengelola blog ini.
2. Jangan meninggalkan link yang tidak ada kaitannya dengan materi artikel.
Terima kasih.